Minggu, 26 Februari 2012

OUTPUT/INPUT

PENGERTIAN INPUT

Perangkat input merupakan peralatan yang dapat digunakan untuk menerima data yang akan diolah ke dalam komputer. Perangkat ini yang digunakan oleh pengguna untuk melakukan interaksi dengan komputer agar komputer melaksanakan perintah yang diberikan oleh penggunanya. Prinsip kerja yang dilakukan perangkat input adalah merubah perintah yang dapat dipahami oleh manusia kepada bentuk yang dipahami oleh komputer (machine readable form), ini berarti mengubahkan perintah dalam bentuk yang dipahami oleh manusia kepada data yang dimengerti oleh komputer yaitu dengan kode-kode binary (binary encoded information). Perangkat input dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu perangkat input langsung dan perangkat input tidak langsung. Perangkat input langsung yaitu input yang digunakan langsung diproses di CPU, tanpa melalui media lain. Sedangkan perangkat input tidak langsung adalah input yang dimasukkan tidak langsung dip roses di CPU 
 
 
PENGERTIAN OUTPUT

Perangkat output atau output devices adalah alat yang digunakan untuk menampikan informasi dari computer. Peralatan yang sering digunalkan adalah monitor, printer, dan speaker.
Monitor
Monitor merupakan alat untuk menampilkan hasil pengetikkan data lewat keyboard dan hasil pemrosesan data. Informasi atau tulisan yang terlihat pada layar monitor dinamakan soft copy.
Ada beberapa type monitor yang perlu kita kenal di antaranyaberikut ini:
1)      Type CGA dengan resolusi 600 X 200 pixel dan kecepatannya 15.720 Khz
2)      Type EGA dengan reolusi  640 X 350 pixel dan kecepatannya 21. 850 Khz
3)      Type VGA dengan reolusi  640 X 480 pixel dan kecepatannya 31.500 Khz
4)      Type SVGA dengan reolusi  800 X 600 pixel dan kecepatannya 35.200 Khz
5)      Type XGA dengan reolusi  1024 X 768 pixel dan kecepatannya 31.500 Khz

  • Printer
Merupakan alat untuk mencetak informasi pada kertas. Informasi atau segala sesuatu yang telah dicetak di kertas dinamakan hard copy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar